TINGKAT STRES IBU ANGGOTA GMAHK YANG MEMILIKI BALITA DI KECAMATAN PARONGPONG PADA MASA PANDEMI COVID-19

ika prika simatupang

Abstract


Merawat anak balita merupakan tanggung jawab umum seorang ibu. Beberapa ibu yang memiliki balita mengeluh stres selama pandemik karena lelah mengurus anak, rumah yang selalu berantakan, pekerjaan rumah yang menumpuk, dan sering marah. Penelitian ini bertujuan mengukur tingkat stres ibu yang memiliki balita selama masa pandemik Covid-19. Metode penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif. Tehnik sampling yang digunakan adalah total sampling.  Sampel penelitian ini berjumlah 49 orang dari 86 orang ibu yang memiliki balita di empat GMAHK Kecamatan Parongpong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat stres ibu yang memiliki balita di empat GMAHK berada pada kategori stres ringan. Faktor-faktor yang sangat mempengaruhi tingkat stres dan jumlah sampel yang lebih banyak dapat dilakukan pada penelitian berikutnya.

Full Text:

PDF

References


Al-amin, M., & Juniati, D. (2017). Klasifikasi Kelompok Umur Manusia Berdasarkan Analisis Dimensi Fraktal Box Counting Dari Citra Wajah Dengan Deteksi Tepi Canny. Jurnal Ilmiah Matematika, 2(6), 33–42.

Ani, N. (2020). Ibu Alami Beban Berlipat Saat Pandemi Covid-19. Republika.Co.Id. https://www.republika.co.id/berita/qdx0qf366/ibu-alami-beban-berlipat-saat-pandemi-covid19

Apreviadizy, P., & Puspitacandri, A. (2014). Perbedaan Stres Ditinjau Dari Ibu Bekerja Dan Ibu Tidak Bekerja. Jurnal Psikologi Tabularasa, 9(1), 58–65.

Buddelmeyer, H., Hamermesh, D. S., & Wooden, M. (2018). THE stress cost of children on moms and dads. European Economic Review, 109, 148–161. https://doi.org/10.1016/j.euroecorev.2016.12.012

Butchon, R., & Liabsuetrakul, T. (2017). The Development and Growth of Children Aged under 5 years in Northeastern Thailand: a Cross-Sectional Study. Journal of Child and Adolescent Behaviour, 05(01). https://doi.org/10.4172/2375-4494.1000334

Cohen, L., Schwartz, N., Guth, A., Kiss, A., & Warner, E. (2017). User survey of Nanny Angel network, a free childcare service for mothers with cancer. Current Oncology, 24(4), 220–227. https://doi.org/10.3747/co.24.3512

Dewi Bussa, B., Novianti Kiling-Bunga, B., Windisany Thoomaszen, F., Yohanes Kiling, I., Studi Pendidikan Anak Usia Dini, P., Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, F., Konseling Pastoral, J., Tinggi Agama Kristen Negeri Kupang, S., Studi Psikologi, P., & Kesehatan Masyarakat, F. (2018). PERSEPSI AYAH TENTANG PENGASUHAN ANAK USIA DINI Bernadete Dewi Bussa Beatriks Novianti Kiling-Bunga Friandry Windisany Thoomaszen Indra Yohanes Kiling. 126–135.

Ginanjar, M. H. (2017). Keseimbangan Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03), 230–242.

Halter, M. J. (2018). Varcarolis’ foundations of psychiatric-mental health nursing: a clinical approach. 8th edition. Canada: Elsevier Inc.

Irwanto. (2020, September 16). Hubungan Jenis Pola Asuh dengan Perkembangan Anak Usia 1-5 Tahun. Http://News.Unair.Ac.Id/. http://news.unair.ac.id/2020/09/16/hubungan-jenis-pola-asuh-dengan-perkembangan-anak-usia-1-5-tahun/

Johnson, S. J., Holdsworth, L., Hoel, H., & Zapf, D. (2013). Customer stressors in service organizations: The impact of age on stress management and burnout. European Journal of Work and Organizational Psychology, 22(3), 318–330. https://doi.org/10.1080/1359432X.2013.772581

Keliat, B.A., & Pasaribu, J. (2016). Prinsip dan praktik kesehatan jiwa stuart. Edisi Indonesia pertama. Indonesia: Elsevier Singapore Pte Ltd.

Koenig, H. G. (2020). Maintaining Health and Well-Being by Putting Faith into Action During the COVID-19 Pandemic. Journal of Religion and Health, 59(5), 2205–2214. https://doi.org/10.1007/s10943-020-01035-2

Maulina, B. (2017). Tingkat Stres Ibu yang Memiliki Anak Penyandang Retardasi Mental. Jurnal Wahana Inovasi, 6(2), 120–124.

Muhammad, S. (2020, September 17). Orangtua Bunuh Anak karena Susah Diajari Belajar Online, Stres Efek Pandemi? Okezone.Com. https://lifestyle.okezone.com/read/2020/09/17/481/2279541/orangtua-bunuh-anak-karena-susah-diajari-belajar-online-stres-efek-pandemi

Purnama, R. (2017). PENYELESAIAN STRESS MELALUI COPING SPIRITUAL. Jurnal Studi Lintas Agama, 12, 70–83. https://doi.org/10.1002/chin.200418108

Safitri, Y. (2017). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perkembangan Bahasa Balita di UPTD Kesehatan Baserah Tahun 2016. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 148. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.35

Sedaghat Ghotbabadi, S. (2018). The Effectiveness of Spiritual-Religion Psychotherapy on Mental Distress (Depression, Anxiety and Stress) In the Elderly Living In Nursing Homes. Health, Spirituality and Medical Ethics, 5(1), 20–25. https://doi.org/10.29252/jhsme.5.1.20

Sihombing, S. J. (2021). Coping stress antara ibu rumah tangga dengan ibu bekerja dalam menghadapi pembelajaran daring. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Pengembangan SDM, 10(1), 49–57. https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/psikologi/article/view/753/712

Sihotang, E. (2021). 1 ., 2 . 1. MEKANISME PERTAHANAN DIRI (COPING) YANG DIGUNAKAN IBU DALAM MENGHADAPI SECTIO CAESAREA DI RSU DELIMA MEDAN, 9.

Trentacosta, C. J., Irwin, J. L., Crespo, L. M., & Beeghly, M. (2018). Financial Hardship and Parenting Stress in Families with Young Children with Autism: Opportunities for Preventive Intervention. 79–91. https://doi.org/10.1007/978-3-319-90994-3_5




DOI: https://doi.org/10.48134/jurkessutra.v9i2.68

Refbacks

  • There are currently no refbacks.