IMPLEMENTASI PEMENUHAN NUTRISI PADA PASIEN DENGAN GANGGUAN SISTEM PENCERNAAN : DEMAM TYPOID DI RUMAH X MEDAN

Ayu Lovian Sinambela

Abstract


Pendahuluan. Demam tifoid merupakan infeksi akut pada usus halus dengan gejala demam lebih dari satu minggu, mengakibatkan gangguan pencernaan dan dapat menurunkan tingkat kesadaran. Tujuan dari literatur review adalah untuk mengidentifikasi keefektifan manajemen nutrisi dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi pada pasien demam tifoid.
Metodologi. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan metode studi kasus, yaitu mengimplementasikan intervensi keperawatan berdasarkan studi literatur dan literature review yang berisi uraian tentang teori dan temuan peneliti terdahulu sebagai landasan dalam pemenuhan nutrisi pasien.
Hasil Penelitian. Setelah melakukan penelitian melalui pemberian asuhan keperawatan pada pasien maka ditemukan hasil bahwa nutrisi pasien terpenuhi.
Kesimpulan. Penerapan intervensi manajemen nutrisi dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi pada pasien demam tifoid sangat efektif dalam upaya mencapai kebutuhan nutrisi yang adekuat.

Full Text:

PDF

References


Alba, S., Bakker, M. I., Hatta, M., Scheelbeek, P. F. D., Dwiyanti, R., Usman, R., Smits, H. L. 2016.

APLIKASI Asuhan Keperawatan Berdasarkan Diagnosa Medis & NANDA NIC- NOC. Jogjakarta: MediAction Price Sylvia A, Wilson Lorraine M, 2015.

Asuhan Keperawatan Yogjakarta: Nuha Medika. Nurarif .A.H. dan Kusuma. H. (2015).

Buku Ajar Fundamental Keperawatan: konsep, Proses, dan Praktik, Edisi 4, Jakarta: EGC.. Tim Pokja SDKI DPP PPNI. (2016).

Buku Saku Diagnosis Keperawatan. Jakarta : EGC Jurnal,.2012.

Buku Saku Praktikum Kebutuhan Dasar Manusia, Jakarta: EGC. Judith M.Wilkinson.2011.

Evadila, Yolanda, A.R (2020) EFEKTIFITAS MANAJEMEN NUTRISI DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN NUTRISI PADA PASIEN PENDERITA DEMAM THYPOID.

Hajerah Padly, Penulis and Nurjannah, Pembimbing 1 and Dewi Sartiya Rini, (2020) PENERAPAN MANAJEMEN NUTRISI TERHADAP STATUS NUTRISI DENGAN THYPUS ABDOMINALIS.

Konsep dan Dokumentasi Proses Keperawatan. Jakarta: Tim. Hidayat, AAA., Musifatul Uliyah. 2018.

Maternal Mortality: World Health Organization. World Health Organization (WHO), 2014.. Amerika Wijayaningsih Kartika Sari. (2013). Jakarta: Tim.

Patofisiologi: Konsep Klinis Proses-Proses Penyakit Jakarta: EGC; Purba, dkk. (2016).

PPNI (2018). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia. Definisi dan Tindakan keperawatan. Jakarta : SIKI DPP PPNI

PPNI. (2018). Standar Diagnosa Keperawatan Indonesia. Jakarta. Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Indonesia. Tim Pokja SDKI DPP

PPNI. (2018). Standar Luaran Keperawatan Indonesia. Definisi dan kriteria hasil. Jakarta: PPNI Tim Pokja SLKI DPP PPNI.

Program Pengendalian Demam Tipoid di Indonesia: tantangan dan Peluang. Media Litbangkes, Vol. 26 No. 2. Potter, Perry. 2005.

Risk Factors of Tifoid Infection in The Indonesian Archipelago. PLoS ONE, 11(6): 1–14. Barakuseinata.2013.




DOI: https://doi.org/10.48134/jurkessutra.v12i1.171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.