PENGARUH KELAS IBU HAMIL TERHADAP KECEMASAN IBU DALAM MENGHADAPI PERSALINAN UPT PUSKESMAS BERAMPU DESA BERAMPU KECAMATAN BERAMPU KABUPATEN DAIRI

Serly Monika Sembiring, Marlina Panjaitan

Abstract


Kecemasan yang terjadi selama kehamilan  diperkirakan akan memengaruhi  antara  15 - 23% wanita  dan berpengaruh dengan  peningkatan  risiko negatif  pada ibu  dan  anak  yang  dilahirkan (Dennis  dkk., 2017; Sinesi  dkk.,  2019). Kelas ibu hamil merupakan sarana untuk belajar kelompok tentang kesehatan bagi ibu hamil, dalam bentuk tatap muka yang bertujuan menigkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu mengenai kehamilan, persalinan, perawatan nifas dan perawatan bayi baru lahir, melalui praktik dengan menggunakan Buku KIA. (Kemenkes,2016). Tujuan penelitian ini untuk Untuk menganalisis pengaruh kelas ibu hamil terhadap kecemasan ibu dalam menghadapi persalinan upt puskesmas berampu desa berampu kecamatan berampu kabupaten dairi.

Jenis penelitian ini bersifat quasi eksperimental dengan rancangan penelitian metode pre-experimental design tipe one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu hamil dengan jumlah sampel sebanyak 36 ibu hamil. Analisa data yang peneltii lakukan adalah Uji statistik yang digunakan adalah uji Wilcoxon.

Hasil uji statistik dengan menggunakan uji wilcoxon menunjukkan p value 0.000 < 0.05 sehingga ada pengaruh kelas ibu hamil terhadap kecemasan ibu hamil di UPT Puskesmas Berampu Desa Berampu Kecamatan Berampu Kabupaten Dairi Tahun 2021.

Diharapkan bidan di Puskesmas dapat memberikan perhatian lebih terhadap program kelas ibu hamil di wilayah kerjanya. Diharapkan dapat mengikuti kelas ibu hamil yang diadakan oleh Puskesmas di wilayahnya dan meningkatkan keaktifannya dalam mengikuti pelaksanaan kelas ibu hamil yaitu sebanyak 4 kali pertemuan selama masa kehamilan

 

Kata Kunci : Ibu Hamil, Kelas Ibu Hamil.


Full Text:

PDF PDF

References


Alza, N., & Ismarwati. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecemasan Ibu Hamil Trimester III. Jurnal Kebidanan dan Keperawatan, 13(1), 1–6. https://doi.org/10.31101/jkk.205

Bergman, K., Sarkar, P., Glover, V., & O’Connor, T. G. (2010). Maternal Prenatal Cortisol and Infant Cognitive Development: Moderation by Infant Mother Attachment. Biological Psychiatry, 67(11), 1026–1032. https://doi.org/10.1016/j.biopsych.2010.01.002

Biaggi, A., Conroy, S., Pawlby, S., & Pariante, C. M. (2016). Identifying the women at risk of antenatal anxiety and depression: A systematic review. Journal of Affective Disorders, 191, 62–77https://doi.org/10.1016/j.jad.2015.11.014

Husain, N., Cruickshank, K., Husain, M., Khan, S., Tomenson, B., & Rahman, A. (2012). Social stress and depression during pregnancy and in the postnatal period in British Pakistani mothers: A cohort study. Journal of Affective Disorders, 140(3), 268–276https://doi.org/10.1016/j.jad.2012.02.009

Naharani, A. R., Siswati, S., & Fatkhiyah, N. (2018). Hubungan Perilaku Keikutsertaan Kelas Ibu Hamil Dengan Tingkat Kecemasan Dalam Menghadapi Persalinan Pada Ibu Hamil Primigravida Trimester Iii Di Desa Kalisapu Kecamatan Slawi. Siklus : Journal Research Midwifery Politeknik Tegal, 7(2), 300. https://doi.org/10.30591/siklus.v7i2.856

Nolan, Mary. (2010). Kelas Bersalin. Jogjakarta

Shrestha, S., & Pun, K. D. (2016). Anxiety on Primigravid Women Attending Antenatal Care: A Hospital Based Cross-sectional Study. Kathmandu University medical journal (KUMJ), 16(61), 23–27.http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/30631012

Sinesi, A., Maxwell, M., O’Carroll, R., & Cheyne, H. (2019). Anxiety scales used in pregnancy: systematic review. BJPsych Open, 5(1), e5.https://doi.org/10.1192/bjo.2018.75




DOI: https://doi.org/10.48134/jurkessutra.v11i1.138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.